Program Nambah Berat Badan

sebenarnya sudah lama bahkan sudah lama lama lamaaaaa sekali ingin memilik badan yang ga kurus dan ga gemuk juga yaitu ideal / proporsional, etapi susahnya itu loh. kata orang orang kebanyakan sih gampang kalau cuman mau naikin berat badan,tapi pada kenyataannya susah untuk dijalani. apalagi untuk orang seperti saya yang bisa dibilang susah berolahraga dan susah makan juga. makanya berat badan ga naik naik :( .

semua bermula dari bulan juli 2014 ( pada saat mudik ke garut )jadi bulan bulanan karean saat semua keluarga berkumpul dan saya yang paling kurus dengan berat badan yang hanya 47 kg dengan tinggi 165 cm, coba bayangkan segimana kurusnya saya. Berdasarkan Hasil Kalkulator Indeks Massa Tubuh di website http://health.detik.com/ ini nih hasil nya check it out!!!! :D

"Berat Badan Kurang" diulangi "berat badan kurang" . aaah pantesan semua orang bilang saya kurus.
mungkin sebanding sih dengan pola hidup yang saya jalankan waktu itu, yaitu jarang sarapan ( cuman sesekali aja ), makan nasi cuman siang aja, malam kalo lagi mau aja atau kadang makan mie instan ( maklum anak kos ) dan yang pastinya saya tidak pernah olahraga. hehehe males sih, lari pagi sminggu sekali aja jarang.
Penasaran sebenarnya berat badan ideal saya ini berapa sih, cari sana sini nemu lah rumus :
Berat badan ideal = ( Tinggi badan - 100 ) X 90%
jadi
Berat badan ideal saya = ( 165 - 100 ) X 90 %
                                     = 65 X 90 %
                                     = 58,5 Kg
nah loh kurang 12 kg lagi, OMG nyari kemana tuh, kalo dipikirin malah tambah nyusut ni badan.
yaudah ga dipikir dan mulai ACTION.
Awalnya mengumpulkan niat untuk merubah pola hidup. alhamdulillah niat sudah terkumpul selama 1 minggu( Awal bulan Agustus), tapi belum terealisasi juga. hehehe rasa malas ini membunuhku Tuhan . tapi dalam 1 minggu itu pola makan sudah diubah yaitu:
> Pagi , sarapan nasi /roti + susu cair. sarapan roti sih kalo pagi pagi dikantor sudah banyak kerjaan dan ga ada waktu buat beli nasi.
diantara pagi dan siang atau sekitar jam 10-11, coffee break ngemil apa aja (makan ringan ) kebetulan sih dikirim makanan banyak sama ortu di garut :)
>Siang, makan nasi ( keseringan nasi padang ) yang penting makan nasi. :D
>sore nya sekitar jam 14 - 16 , makanan kecil ( ngemil lagi ) kadang kadang mie ayam pak teguh sih
> malam , makan nasi lagi + susu cair sebelum tidur.

tepat dihari senin minggu kedua bulan agustus, mulai gerak deh tuh ketempat fitnes. pengen olahraga biar segar dan yang pasti sih pengen ideal berat badannya. akhirnya daftar jadi member fitnes deh tuh lebih ke olahraga beban sih untuk menambah massa otot.
minggu pertama olahraga, fitnes nya 2 hari sekali, maklum pemula, lagian pas pertama kali itu rasanya pegel banget bawaannya pengen tidur seharian + dipijitin. 
minggu selanjutnya mulai fitnes TIAP HARI kecuali hari minggu. tiap hari threadmill, angkat beban dll.
dengan pola makan dan jadwal fitnes yang tetap, tepat dihari ini 3 september 2014 setelah saya fitnes dan menimbang berat badan ternyata ooh ternyata berat saya jadi 52 Kg.
ooh bahagianya hati ini naik hampir 5 kg gtu. ga pake obat sama sekali loh yaa. unbelievable.
sebenarnya nih ya berdasarkan BMI ( Body Mass Index ) berat badan 52 kg dengan tinggi badan 165 itu sudah termasuk ideal loh. niih rumusnya :
jadi BMI saya = 52 /(1.65 x 1.65)
                        = 52 / 2.7225
                        = 19.10
nah 19 itu sudah termasuk normal ( alhamdulillah ) tapi saya belum puas, masih merasa kurus. pokonya harus mencapai berat badan ideal 58.5 Kg. BMI nya juga masih 21 jdi masih normal.

jadi tambah semangat deh, wait and see december.

waah sudah jam 22.32 wib. istirahat dulu aah, kalo begadang nanti berat badan turun lagi. heheheh

Comments

Popular posts from this blog

Manfaat Bioglass Biomini dan kalung pendant MCI ampuhkah?

PENGALAMAN & REVIEW TUKAR TAMBAH HANDPHONE DI TOKOPEDIA REDMI 8A PRO

Transportasi ke Bondowoso ( update 2019 )