Transportasi ke Bondowoso ( update 2019 )

waah ternyata sudah lama yaah ga buka ini blog.. xixixixi..
oke sesuai janji nih, saya akan posting transportasi dari dan ke bondowoso ( berdasarkan apa yg saya tau aja yaa .. :) ).

sebelumnya niiih.. saya mau bercerita dulu awal mula saya bisa terdampar di bondowoso ( xixixi terdampar kayak paus aja ).
sebelumnya saya tidak tau bondowoso itu kota di indonesia sebelah mana nya, entah di pulau manapun saya tidak tau, seketika tau pada saat pengumuman penempatan kerja d PT Pos Indonesia dan saya di tempatkan d kantor pos bondowoso. dan disitu dikatakan ternyata bondowoso itu masih pulau jawa rek.. hahah jawa timur tepatnya.
(Btw sekarang saya sudah tidak tinggal lagi di bondowoso terhitung dari November 2017 karena dapat surat sakti dari perusahaan harus hijrah ke kota pahlawan Surabaya)

okelah kita mulai penjelajahannya dimulai dari kota kelahiran saya ( garut ) menuju kabupaten bondowoso.
disini ada 3 alternatif transportasi yang bisa digunakan.
1. Bis
2. Kereta Api
3. Pesawat

jika ingin naik bis, anda anda yang mau ke bondowoso bisa menggunakan jasa bis pahala kencana, di garut banyak kok agen agen pahala kencana ( contohnya ada di limbangan ). berangkat dari garut kira kira jam 14.00. tapiiii bis ini tujuannya bukan ke bondowoso loh yaaaa..
dari semua bis yg ada, tidak ada satupun transportasi yang langsung menuju bondowoso, jadi harus turun naik bis.
begini alur nya ;
Garut -- (bis pahala jurusan Probolinggo ) --- Probolinggo --- Bondowoso  atau
Garut -- ( bis pahala denpasar Bali ) --- Situbondo --- bondowoso.

saya sih belum pernah naik bis, jadi kurang tau juga..

2. Kereta Api

kereta api adalah moda transportasi yang saya gunakan saat itu,
beli tiket kereta dari bandung dengan  tujuan surabaya gubeng, kereta berangkat dari bandung sekitar jam 17.00 dan nyampe surabaya gubeng jam 06.10. lalu dilanjut lagi dengan kereta surabaya - jember yang berangkat jam 9.00 ( yaa lumayan nunggu d stasiun 3jam sambil istirahat ).

nyampe stasiun jember, langsung dah jalan ke jalan raya kira kira 100 meter.. naik angkot jurusan arjasa ( bayar cuman 3000 dulu kalau sekarang 5000 ), nah dari arjasa , naik line ( bis kecil ) langsung ke bondowoso..

begini alurnya :
bandung --- Surabaya  ( kereta api mutiara selatan) harga tiketnya dulu (2012) Rp. 175.000 dan sekarang harga tiket untuk kereta mutiara selatan dari Rp.250.000-500.000. KA mutiara selatan ini sekarang terdiri dari gerbong bisnis dan eksekutif dan tujuan akhirnya pun sekarang di malang.
Surabaya --- Jember ( Kereta mutiara timur pagi ) harga tiketnya dari Rp.85.000-150.000
Jember --- Bondowoso ( Bis ) kalau sekarang sih enak di jember sudah ada gojek dan grab jadi bisa pesan online. Jarak jembeer bondowoso tidak terlalu jauh.

atau
bandung - surabaya ( KA Pasundan ekonomi )
surabaya - jember ( KA mutiara timur malam, jam 22.00 )

nah ini nih banyak yang Tanya kenapa sih naik dari bandung, emang di garut ga ada stasiun?
Pada zaman dahulu garut punya stasiun di kota tapi sekarang udah tidak beroperasi eh tapii kabar gembiranya sekarang sama PT KAI dan pemerintah mau dioperasikan lagi jalur Kereta ke stasiun garut. Stasiun yang masih beroperasi di garut itu ada 3 yaitu stasiun cipeundeuy, cibatu dan leles.
Kenapa ga naik dari salahsatu stasiun itu? Karena oh karenaa hehehehe
Jadi dulu itu karna saya beli tiket KA mutsel(mutiara selatan) yang notabene kereta api bisnis, KA ini hanya berhenti di stasiun cipeundeuy saja. FYI cipeundeuy ini berbatasan dengan kab tasikmalaya jadi kalau dari rumah jaraknya ya jauh juga( rumahku di banyuresmi).
Karena jaraknya hampir sama dengan ke bandung jadi ya skalian aja sekeluarga antar ke bandung skalian piknik. ahahahhaa

Tapi sekarang ini KA mutsel ini sudah berhenti di stasiun leles, jadi buat kamu ga usah jauh jauh ke bandung deh bisa kok naik dari leles. Brangkat dari leles jam 18.06 ontime.
Sekarang mah banyak pilihan keretanya tidak harus mutsel dan pasundan.  Bisa transit di jawatengah atau Yogyakarta tinggal menyesuaikan jadwal menunggu kereta selanjutnya.
Kalau mau transit jateng bisa naik pasundan turun di kroya. dari cibatu brangkat jam 07.05 nyampe di kroya jam 11.43. lanjut   Ada kereta wijayakusuma tujuan jember jam 14.54  nyampe jember subuh jam 04.10 WIB.
Atau naik pasundan turun lempuyangan lanjut naik logawa atau sri tanjung tapi waktu tunggunya lama harus skalian liburan ini mah ahahaha.

3. Pesawat
Belum pernah sih dari garut ke bondowoso naik pesawat secara dua kota ini ga punya bandara ehehehe.
Kalau kalian mau naik pesawat itu brarti naiknya dari bandung turun di juanda Surabaya. Dari Surabaya bisa naik travel langsung ke bondowoso ( sesuaikan jam nya yaa) atau naik DAMRI ke terminal bungurasih lanjut naik bis ke bondowoso.

eh tapi dari bandara juanda juga ada pesawat langsung ke jember 1 kali shari. 
Updatenya segitu aja dulu. Nanti diupdate lagii




Comments

  1. Nuhun info. Na kang bermanfaat,,..
    πŸ˜ŠπŸ˜€πŸ‘

    ReplyDelete
  2. Iya kang nuhun,sama harga tiket lebih bagus, tpi itu tahun 2013,seekarang 2018πŸ˜‚

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap. Nanti di update skalian sama harganyaa. Haturnuhun udah mampir

      Delete
  3. Abi org garut oge kang, kaleresan cpns penempatan bondowoso oge. Bade tumaros cuaca diditu srg karakter orgna kang,....hatur nuhun

    ReplyDelete
  4. gening urang garut kangπŸ˜†
    salam ti bayongbong

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Manfaat Bioglass Biomini dan kalung pendant MCI ampuhkah?

PENGALAMAN & REVIEW TUKAR TAMBAH HANDPHONE DI TOKOPEDIA REDMI 8A PRO